Manfaat Minyak Kemiri

Kemiri atau dalam bahasa latin lebih dikenal aleutites moluccana dahulu lebih kenal sebagai salah satu bahan rempah-rempah. Namun seiring perkembangan jaman, kemiri juga dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri, kemiri tidak langsung digunakan secara langsung tapi kemiri diambil sarinya berupa minyak kemiri.

Minyak kemiri dihasilkan dari biji kemiri yang telah melalui tahapan tertentu, untuk tahapan membuat minyak kemiri akan dibahas lebih lanjut nanti. Tanaman kemiri tumbuh dan berkembang subur di daerah tropis, jadi kemiri dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia.

Yang menjadi spesial dari kemiri adalah buah kemiri telah diresmikan sebagai tumbuhan resmi negara bagian Hawaii (tentunya hanya tumbuhan spesial yang bisa menjadi tumbuhan resmi di suatu daerah).

Hal yang seriing dilupakan dalam proses mendapatkan manfaat kemiri adalah kemiri tidak boleh dikonsumsi langsung karena biji kemiri mengandung sedikit racun yang berbahaya untuk tubuh. Maka, untuk pemanfaatannya harus melalui prosedur yang tepat sehingga manfaat minyak kemiri atapun kemiri bisa didapatkan secara maksimal.

Manfaat Minyak Kemiri

manfaat minyak kemiri

Minyak kemiri memiliki banyak khasiat, dua diantaranya adalah manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit.

Banyak produk kecantikan yang telah beredar di indonesia menggunakan kemiri sebagai bahan penyusunnya, hal tersebut tidak lah mengejutkan karena kemiri bisa dikatakan merupakan minyak yang paling baik untuk perawatan rambut dan kulit.

Untuk kulit wajah yang berminyak, minyak kemiri sangat cocok untuk digunakan karena minyak kemiri berfungsi sangat baik untuk mengurangi minyak di wajah dan dapat mencegah kulit berjerawat.

Selain untuk kulit berminyak, kemiri juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mampu meregenerasi sel kulit yang rusak. Dan manfaat lain yang sering dilupakan adalah minyak kemiri dapat digunakan untuk menangkal sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari, maka minyak kemiri sering digunakan untuk bahan pembuat losen anti sinar matahari yang biasanya digunakan untuk orang yang sedang berjemur di pantai.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Manfaat minyak kemiri telah melewati serangkaian uji penelitian yang dilakukan untuk mencari manfaat untuk rambut dan hasilnya sangat memuaskan.

Dari penelitian tersebut minyak kemiri bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Hal tersebut dikuatkan oleh kandungan vitamin-vitamin yang dimiliki kemiri sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Dari fakta tersebut maka pengembangan lebih lanjut kemiri mulai digunakan untuk meproduksi shampo atau minyak kemiri yang memiliki banyak khasiat untuk rambut, antara lain :

  • Menghentikan rambut yang rontok.
  • Mempercepat pertumbuhan rambut.
  • Mengatasi rambut kasar dan bercabang.
  • Membuat rambut menjadi lebih halus.
  • Membuat rambut sehat, lebat, bercahaya dalam waktu yang singkat.

Dari tulisan diatas lagi-lagi bahan alami yang tersedia di alam masih memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat minyak kemiri patut diperhitungkan apabila dibandingkan dengan perawatan kulit dan rambut yang bisa menelan biaya yang tidak sedikit. Dan lagi-lagi fakta membuktikan bahwa bahan alami tidak kalah dengan bahan buatan baik dalam segi manfaatnya ataupun biayanya, dan efek samping yang ditimbulkan bahan alami nyaris tidak ada.

Leave A Comment...

*